Apa itu Sensor Kamera HP dan Pentingnya dalam Fotografi

Siska

14 June 2023
Apa itu Sensor Kamera HP dan Pentingnya dalam Fotografi

Kebanyakan orang berpikir bahwa dengan resolusi kamera HP atau ukuran pixel yang besar berarti mampu menghasilkan foto dengan kualitas yang tinggi atau bagus juga. 

Sayangnya pemikiran tersebut telah kalah telak begitu fakta membuktikan bahwa beberapa brand smartphone yang membekali produknya dengan kamera beresolusi besar tak cukup untuk menghasilkan foto dengan kualitas tinggi.

Ternyata salah satu kunci untuk menghasilkan foto dengan kualitas bagus menggunakan smartphone juga terletak pada sensor kamera HP –nya. Mau tahu informasinya? Simak pembahasan berikut ini ya!

Pengertian sensor kamera HP

Sensor kamera diartikan sebagai salah satu komponen yang ditanamkan pada kamera digitas dengan fungsi untuk menangkap cahaya yang masuk pada lensa kamera HP kemudian mengubahnya menjadi foto digital. 

Umumnya sensor kamera HP berbentuk persegi panjang yang tersusun dari berbagai sel di mana dari tiap-tiap selnya mendeskripsikan satu pixel. Jadi, secara singkatnya semakin banyak sel yang terdapat dalam sensor maka semakin besar pula pixel gambar yang dihasilkan oleh kamera HP tersebut.

Sel pada sensor kamera HP tersebut bersifat photosensitive, yang mana begitu terkena cahaya akan menghasilkan sinyal listrik yang berupa tegangan dengan besar bergantung dari banyaknya cahaya yang diterima.

Selanjutnya, tegangan tadi akan diproses untuk mengubah sinyal menjadi warna baru setelahnya hasil dari seluruh sel akan disatukan sehingga menjadi gambar yang utuh.

Jenis-jenis sensor kamera HP saat ini

Bentuk sensor kamera pada umumnya

Sejak awal dikenalnya sensor kamera sudah terjadi beberapa kali perkembangan sampai akhirnya membuat sensor kamera memiliki banyak jenis diantaranya:

1. CCD

CCD merupakan singkatan dari Charge Coupled Device yang merupakan salah satu dari jenis sensor kamera yang berfungsi sebagai pengubah pola cahaya (gambar) menjadi sebuah pola dengan muatan listrik (gambar eletronik).

Sayangnya, CCD ini masihlah perangkat analog sehingga perlu bantuan konverter untuk menghasilkan data gambar digital.

Meski begitu hasil tangkapan dari sensor jenis ini sudah berkualitas tingga dan noise nya rendah. Akan tetapi, cukup memakan banyak daya dan biaya.

2. CMOS

Sensor CMOS merupakan singkatan dari Complementary Metal Oxide Semiconductor alias chip yang sering kali ditemui pada HP dengan fungsi untuk merekam gambar. 

Sebenarnya CMOS memiliki peran yang sama seperti sensor jenis CCD, hanya saja CMOS ini sudah bisa mengahasilkan data langsung ke bentuk digital dan lebih hemat baterai sehingga dianggap lebih praktis. 

Sayangnya pada awalnya penggunaan sensor ini, gambar yang dihasilkan memiliki noise yang cukup banyak serta membutuhkan cahaya yang cukup banyak pula untuk mendapatkan hasil yang tepat.

Sehingga tak heran jika sensor CMOS awalnya hanya diberlakukan untuk kamera biasa lantaran ukurannya yang besar. Barulah setelah muncul terobosan baru dari kodak yang berhasil mendesain ulang sensor CMOS dengan ukuran yang lebih kecil, tapi kinerjanya tetap tinggi membuat sensor ini menjadi cocok digunakan pada smartphone. 

Terobosan baru dari Kodak ini, membuat sensor CMOS hanya berada pada resolusi 5 MP saja dengan ukuran pixel 1,4 mikron dan hanya dirancang khusus untuk kamera HP.

3. CMOS BSI

Sensor ini merupakan hasil pembaruan dari sensor jenis CMOS yang biasa dikenal sebagai kepanjangan dari Back Side Illumination CMOS atau lebih dikenal dengan sensor BSI.

Sensor BSI merupakan sensor yang dapat mengatasi masalah kualitas gambar yang kurang dari sensor CMOS yang disebabkan oleh adanya gangguan perkabelan juga sirkuit dengan menempatkan komponen pencitraan sehingga mampu menghasilkan gambar dengan kualitas yang jauh lebih jelas juga tajam jika dibandingkan dengan seri sebelumnya.

Adapun untuk sistem pengambilan gambarnya masih sama dengan sensor CMOS yang sebelumnya.

4. PureCel

Sensor ini merupakan salah satu tipe dari jenis sensor omnivision yang berasal dari California. 

Sensor kamera satu ini memiliki keunggulan dalam mengurangi benturan antar warna yang ditangkap oleh lensa serta mengurangi noise begitu melakukan pengambilan gambar pada tempat minim cahaya.

Jadi meskipun melakukan pengambilkan gambar menggunakan flash guna menunjang cahaya yang minim, menggunakan sensor jenis ini akan menanggulangi masalah noise ataupun tabrakan antar warna yang kerap kali terjadi.

5. ISOCELL

Sensor ini merupakan sensor kamera HP buatan samsung yang sudah bisa ditemukan pada berbagai jenis brand HP diluar brand Samsung.

Sensor ISOCELL sendiri mempunyai kemampuan dalam membuat gambar yang dihasilkan kamera HP menjadi lebih terang juga tajam. Semua itu disebabkan oleh kemampuannya dalam memisahkan pixel yang tertangkap oleh lensa ke dalam kelompok-kelompok kecil.

Selain itu, sensor kamera jenis ISOCELL ini juga bisa digunakan untuk mengambil gambar bahkan pada keadaan low light sekalipun dan menghasilkan akurasi warna serta rentang dinamis lebih tinggi 30% jika dibandingkan dengan sensor jenis CMOS BSI.

Alasan ukuran sensor lebih penting jika dibandingkan dengan mega pixel

Pada dasarnya memang resolusilah yang menentukan detail dari hasil gambar yang dihasilkan. Akan tetapi, jumlah cahaya yang ditangkap merupakan penentu dari keseimbangan ekportur pada kamera, rentang dinamis, bahkan sampai pada tingkat ketajaman.

Sedangkan penentu dari banyaknya cahaya yang ditangkap oleh lensa merupakan fungsi dari sensor kamera itu sendiri.

Cara mudahnya adalah spesifikasi kamera HP dengan resolusi 20MP tapi memiliki ukuran sensor yang besar akan otomatis menghasilkan gambar yang lebih bagus jika dibandingkan dengan spesifikasi kamera HP yang memiliki resolusi 200MP tapi ukuran sensornya kecil.

Dari penjelasan di atas sudah jelas bukan bahwa semakin besar ukuran sensor maka akan semakin bagus pula gambar yang bisa di hasilkan. 

Apa hp dengan ukuran sensor paling besar?

Untuk saat ini HP dengan sensor kamera terbesar dipegang oleh Xiaomi Mi 11 Ultra yang menggunakan sensor jenis ISOCELL GN2 dengan ukuran sensor kamera mencapai 11,25 inchi. 

Selain itu, kamera utama pada Xiaomi Mi 11 Ultra sudah dilengkapi dengan resolusi besar yaitu 50 MP dan sudah memanfaatkan teknik four pixel-binning. Bahkan ukuran pixel individunya sudah mencapai 2,8 µm. 

Jadi sudah bisa dibayangkan bukan sebagus apa kualitas foto yang dapat dihasilkan oleh kamera Xiaomi Mi 11 Ultra ini.

Top Gadget
Oppo Find X5 Pro
Oppo Find X5 Pro
Apple iPhone 14 Pro Max
Apple iPhone 14 Pro Max
Vivo X90 Pro+
Vivo X90 Pro+
Samsung Galaxy S23+
Samsung Galaxy S23+
Xiaomi Mix Fold 3
Xiaomi Mix Fold 3
Baca Artikel Terbaru
Baca Rekomendasi Artikel Lainnya