Perbandingan AMOLED vs OLED: Manakah yang Lebih Unggul?

Siska

21 September 2023
Perbandingan AMOLED vs OLED: Manakah yang Lebih Unggul?

Keduanya memanglah sama-sama sebuah Teknologi layar yang ditanamkan smartphone. Akan tetapi, antara AMOLED dan OLED pastilah memiliki sesuatu yang tidak dimiliki oleh satu sama lainnya sehingga keduanya bisa berjalan secara beriringan tanpa adanya yang namanya saling menjatuhkan. 

Nah, untuk mengetahui sesuatu yang spesial dari masing-masing teknologi layar smartphone tersebut, mari kita lakukan perbandingan antara AMOLED VS OLED berdasarkan beberapa aspek berikut ini:

Apa itu OLED?

OLED atau Organic Light Emitting Diode adalah sebuah semikonduktor yang terbuat dari bahan lapisan organik yang memiliki kemampuan untuk memancarkan cahaya begitu teraliri listrik. Pertama kali ditemukan oleh ilmuan dari perusahaan Eastman Kodak bernama Dr. Ching W. Tang pada 1979 dan baru dilakukan riset teknolohi di Indonesia pada 2005.

Apa itu AMOLED?

AMOLED adalah singkatan dari Active Matrix Organic Light Emitting Diode yang dikembangkan oleh Samsung menggunakan teknologi layar yang telah ada sebelumnya, yaitu Thin Film Transistor (TFT) dan OLED. Dikembangkan menggunakan teknologi layar yang memang sudah ada sebelumnya, AMOLED memiliki kemampuan untuk mengubah setiap pikselnya dengan efisien dan secara langsung sehingga memiliki fungsi sentuhan layar secara langsung dan bukan melalui lapisan kedua yang terdapat di atas layarnya.

Perbedaan Layar Oled dan Amoled

Perbedaan utama layar OLED dan AMOLED

Untuk lakukan perbandingan di antara kedua teknologi layar ini, perlu dilakukan berdasarkan beberapa aspek berikut ini:

1. Layar

AMOLED VS OLED jika dilihat dari segi layar, setiap piksel pada layar jenis OLED harus dinyalakan atau dimatikan secara individual atau satu persatu. Sedangkan pada AMOLED, kontrol seperti itu diberikan pada setiap piksel yang ada.

Selain itu, AMOLED juga memiliki tampilan layar yang lebih jernih lengkap dengan view angle yang juga lebih baik serta pergerakan gambar yang dihasilkan pun jauh lebih halus. Dikarenakan respon dan refresh rate pada layar AMOLED juga jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan layar jenis OLED.

2. Warna

Berdasarkan aspek warna, smartphone dengan layar jenis OLED akan menampilkan warna yang lebih tajam. Sebab, jangkauan wilayah warna yang terdapat pada layar OLED sangatlah luas.

Meski begitu bukan berarti AMOLED memiliki kualitas warna yang buruk, hanya saja jika dibandingkan dengan OLED masihlah tertinggal. Sehingga untuk AMOLED VS OLED dalam aspek ini dimenangkan oleh layar jenis OLED.

3. Efisiensi

Dari segi efiensi atau konsumsi daya, AMOLED lebih unggul alias mengonsumsi lebih sedikit daya. Semua itu dikarenakan pada setiap piksel yang terdapat pada layar AMOLED memiliki kapasitor dan transitor khusus yang akan menggunakan daya sesuai dengan kebutuhannya saja.

Sedangkan pada layar OLED, konsumsi daya akan semakin meningkat begitu penggunaannya dilakukan secara maksimal.

4. Ketebalan

Aspek selanjutnya yang dijadikan perbandingan antara layar jenis AMOLED VS OLED adalah ketebalannya. Layar jenis OLED memang sudah memiliki desain yang tipis yaitu kurang dari 1mm, akan tetapi layar jenis AMOLED memiliki desain yang jauh lebih tipis lagi. Bahkan AMOLED bisa diprosuksi hingga ketipisanya mencapai 0,001mm.

5. Durabilitas 

Dari semua aspek yang telah dijabarkan sebelumnya, baik OLED maupun AMOLED memiliki spesisikasinya masing-masing. Namun untuk segi Durabilitas, kedua jenis layar ini memiliki kesamaan yaitu masalah burn in atau layar berbintik hitam bagitu digunakan dalam waktu yang lama.

Meski begitu, pada berbagai penjelasan disebutkan bahwa HP dengan layar OLED akan lebih rentan terkena masalah burn in jika dibandingkan dengan yang menggunakan layar jenis AMOLED.

6. Harga

Aspek perbandingan AMOLED VS OLED yang terakhir ada pada harganya. Penggunaan komponen yang cukup rumit berhasil membuat biaya produksi dari layar AMOLED lebih tinggi. Maka tek heran jika kebanyakan smartphone yang menggunakan layar jenis ini biasanya terdapat pada kelas middle range sampai flagship.

Keunggulan dan Kekurangan

Keunggulan dan kekurangan layar OLED dan AMOLED

Berdasarkan beberapa aspek perbedaan yang sudah dijelaskan di atas, sebenarnya sudah dapat ditarik kesimpulan kira-kira mana yang menjadi keunggulan serta kekurangan dari kedua jenis layar tersebut. Akan tetapi, ada beberapa keunggulan lain dari kedua jenis layar ini yang bisa dilihat pada penjabaran berikut ini:

Keunggulan dan Kekurangan OLED

Pada segi keunggulan, OLED memiliki biaya operasional yang relatif lebih murah, konsumsi dayanya yang rendah. Selanjutnya, OLED juga memiliki jangkauan wilayah warna, tingkat terang dan tampilan sudut pandang yang sangat luas. Selain itu, OLED juga memiliki waktu reaksi yang lebih cepat dan dioperasikan dalam batasan suhu yang lebih lebar.

Sedangkan dari segi kekurangan, OLED memiliki masalah mengenai masa bertahan bahan organiknya yang terbatas, kelembapan menjadi faktor utama memperpendek umur OLED, dan peranti OLED multi-warnanya yang sekarang menghasilkan warna tertentu yang masih belum cukup terang.

Keunggulan dan Kekurangan AMOLED

Untuk segi keunggulan, AMOLED memiliki tingkat kecerahan atau brightness yang tinggi dalam tampilannya. Bahkan fitur penyetalan RGB nya turut membuat warna pada foto dan video menjadi lebih stabil serta memiliki rasio kontras yang lebih dalam jika dibandingkan dengan jenis LCD lainnya. Selain itu, teknologi AMOLED ini mampu menghemat energi hingga 40% lebih tahan lama jika dibandingkan yang lainnya. 

Hanya saja, komponennya yang cukup rumit dan mahal menjadi salah satu alasan utama mengapa layar AMOLED yang menawarkan berbagai kecanggihan tersebut jarang diadopsi oleh berbagai jenis perangkat elektronik. Bahkan sampai saat ini hanya Samsung dan LG saja yang tetap meproduksi dan mengaplikasikan layar jenis ini pada produk ciptaannya.

Contoh Penggunaan dalam Produk

Contoh penggunaan layar OLED dan AMOLED

Baik OLED maupun AMOLED, keduanya memang sudah diaplikasikan pada berbagai jenis perangkat elektronik seperti TV, Monitor, dan Smartphone. 

Untuk ponsel, penggunaan layar jenis AMOLED pertama kali ditemukan pada ponsel Impression keluaran tahun 2009. Selanjutnya ponsel dengan layar jenis AMOLED juga bisa ditemukan pada Samsung Jet dan Samsung Ultra Touch yang juga keluaran tahun 2009. Kemudian di tahun 2010, ponsel dengan layar jenis AMOLED kembali bisa di temukan pada ponsel Samsung W880.

Adapun untuk perangkat yang diketahui telah menggunakan layar jenis OLED adalah nokia 8800 saphir art untuk ponsel, model opimus dan mini 3 untuk papan ketik, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kesimpulan

AMOLED dan OLED memanglah sama-sama teknologi layar, hanya saja keduanya memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Akan tetapi, dalam hal perbedaan keduanya memanglah memiliki bebarapa aspek yang siap untuk dibandingkan.

FAQ:

1. Mana yang lebih baik, OLED atau AMOLED?

Tergantung pada kebutuhan Anda. AMOLED mungkin lebih baik dalam resolusi dan efisiensi, tetapi OLED mungkin lebih terjangkau.

2. Apakah AMOLED lebih mahal daripada OLED?

Ya, biasanya AMOLED lebih mahal dibandingkan dengan OLED.

3. Apakah masalah burn-in serius pada OLED?

Hal ini bisa menjadi masalah, tetapi teknologi dan penggunaan yang tidak berlebihan dapat mengurangi risiko ini.

Top Gadget
Oppo Find X5 Pro
Oppo Find X5 Pro
Apple iPhone 14 Pro Max
Apple iPhone 14 Pro Max
Vivo X90 Pro+
Vivo X90 Pro+
Samsung Galaxy S23+
Samsung Galaxy S23+
Xiaomi Mix Fold 3
Xiaomi Mix Fold 3
Baca Artikel Terbaru
Baca Rekomendasi Artikel Lainnya