Bagaimana Cara Flashing HP Samsung?

Aprilia

13 January 2023
Bagaimana Cara Flashing HP Samsung?

Samsung memang menjadi vendor smartphone yang sangat terkenal karena kualitasnya. Namun, tidak selamanya HP Samsung yang kamu miliki akan baik-baik saja. 

Beberapa permasalahan bisa saja muncul seperti layar menghitam, bootloop, banyaknya bug, adanya virus hingga nge-hag. Permasalahan tersebut seringkali langsung diatasi dengan dibawa ke service center. Sementara, tentu saja biaya service juga tidak murah.

Cara mengatasi beberapa permasalahan HP Samsung tersebut dengan melakukan flashing yang bisa kamu lakukan sendiri. Flashing memiliki pengertian yaitu proses menginstall ulang sistem operasi Android agar kembali ke semula. 

Cara flashing ini bisa dilakukan untuk meningkatkan performa HP serta menghilangkan virus yang parah. Namun, saat melakukan flashing nggak boleh sembarangan ada beberapa cara yang perlu kamu ketahui karena jika gagal justru ponsel akan mati total.

Nah, kamu mungkin ingin tahu cara flashing HP Samsung, terutama bisa dilakukan dengan bantuan menggunakan PC. Berikut cara flashing dengan bantuan PC yang bisa kamu lakukan.

Bagaimana Cara Flashing HP Samsung?

Flashing dengan menggunakan PC

Langkah pertama, sebelum melakukan flashing yaitu dengan memback-up semua data pada HP Samsung karena, proses flashing dapat menghapus semua data yang kamu miliki khususnya pada memori internal.

Pastikan ponsel baterai HPmu berada di atas 50 persen. Siapkan laptop atau PC dengan sistem Windows dan kabel data.

Download firmware sesuai dengan tipe Hpmu dan jika sudah selesai, lakukan extract file. Kamu juga harus mengunduh Samsung USB Driver. Setelah itu, lakukan proses instalasi. Aplikasi lain yang perlu kamu download juga yaitu software Odin. 

Langkah kedua, untuk melakukan flashing dengan matikan HP Samsung. Kamu masuk ke Download Mode yang caranya dengan tahan tombol power + home + volume down secara bersama-sama atau tahan tombol power + volume up + volume down jika Hpmu tidak ada tombol Home.

Setelah itu, hubungkan HP dengan PC memakai kabel data. Jika smartphonemu sudah terdeteksi, tekanlah volume up. Bila sudah, akan muncul COMX di ID:COM serta notifikasi Added.

Langkah ketiga, bagi pengguna ROM One Pack, bukalah software Odin dan klik tombol PDA. Cari firmware one pack yang telah diunduh dan klik open. Lalu klik start yang ada di bagian bawah. Tungguhlah sekitar 5-10 menit selama proses flashing tersebut. 

Apabila berhasil, HP Samsung akan merestart otomatis. Namun, kamu jangan melepaskan kabel data terlebih dahulu hingga keluar tulisan PASS. 

Jika sudah HP Samsungmu akan berada di menu utama dan proses flashing selesai.

Nah, itulah cara untuk flashing HP Samsung yang sudah kamu simak. Semoga berhasil ya!

 

 

Top Gadget
Oppo Find X5 Pro
Oppo Find X5 Pro
Apple iPhone 14 Pro Max
Apple iPhone 14 Pro Max
Vivo X90 Pro+
Vivo X90 Pro+
Samsung Galaxy S23+
Samsung Galaxy S23+
Xiaomi Mix Fold 3
Xiaomi Mix Fold 3
Baca Artikel Terbaru
Baca Rekomendasi Artikel Lainnya