A16 Bionic vs A15 Bionic

Admin

19 September 2022
A16 Bionic vs A15 Bionic

Ketika Perusahaan Apple memperkenalkan iPhone baru setiap bulan september, setiap orang selalu menantikan model Iphone baru, apa pun bentuk dan modelnya.

Dan mengingat keunggulan yang dinikmati Apple dengan chipset  yang bersaing di papan atas setiap ponsel kompetitor, membeli iPhone baru berarti Anda mendapatkan salah satu ponsel terbaik untuk kinerja, baik Anda mengambil iPhone mini atau iPhone Pro Max.

Tentu, Anda akan berpikir transisi chipset A16 Bionic vs. A15 Bionic untuk rilis iPhone pada bulan September ini  akan memiliki arti yang sama.

Tapi itu tidak akan terjadi dengan peluncuran iPhone 14. Untuk pertama kalinya, Apple akan menggunakan chipset yang berbeda untuk seri yang berbeda. A16 Bionic yang lebih baru akan memberi daya pada Pro 6,1 inci dan iPhone 14 Pro Max 6,7 inci.

IPhone baru yang lebih murah di rilis bulan September ini, termasuk iPhone 14 dan iPhone 14 Plus, namun iPhone 14 dan iPhone 14 Plus menggunakan variasi chipset A15 Bionic yang diperkenalkan Apple sebagai bagian dari rilis iPhone 13 pada tahun 2021.

Ini merupakan perubahan besar, dan membuat perbandingan A16 Bionic vs. A15 Bionic lebih relevan dari sebelumnya, karena mengetahui perbedaannya dapat memengaruhi model iPhone mana yang nantinya Anda beli.

Dengan kata lain, jika chipset A16 Bionic di iPhone 14 Pro akan memberi Anda peningkatan kinerja besar yang dapat digunakan dibandingkan iPhone 14 yang lebih murah dengan A15 Bionic, 

A16 Bionic - Apa yang Kami Ketahui

Sementara ada spekulasi bahwa A16 akan dibangun pada fabrikasi 5 nm yang sama dengan fitur sistem-on-chipset A15 pada model iPhone 13, kita sekarang tahu bahwa A16 Bionic sebenarnya akan dibangun pada fabrikasi 4 nm.

Jika Anda berpikir untuk membeli iPhone 14 Pro atau iPhone 14 Pro Max, ini adalah berita bagus dalam hal kinerja, karena arsitektur yang lebih kecil akan memungkinkan lebih banyak transistor (total 16 miliar), membuat A16 lebih cepat dan lebih efisien daripada pendahulunya.

Berita dari Apple, bagaimanapun, adalah bahwa kenaikan itu memang kenyataan. Bionic A16 mengulangi banyak bagian dari desain inti chipset Bionic A15, menampilkan CPU 6 core dengan dua core kinerja dan empat core efisiensi.

Namun sementara Bionic A15 sudah cukup cepat,Bionic A16 hingga 40% lebih cepat dari pesaing seperti Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1, sambil mengkonsumsi daya 20% lebih sedikit dari pendahulunya.

Bionic A16 juga akan menampilkan GPU 5-core, sama seperti A15. Namun, bandwidth antara GPU dan CPU telah meningkat sebesar 50%.

Hal ini memungkinkan kedua unit pemrosesan untuk berkomunikasi lebih baik satu sama lain dengan meningkatkan data yang dapat mengalir di antaranya pada satu waktu, yang menguntungkan kinerja saat menggunakan aplikasi dan game yang intensif grafis.

Terutama pada kecepatan refresh tinggi 120Hz iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max. Ada juga mesin tampilan yang digabungkan ke dalam campuran, untuk membantu kinerja Dynamic Island.

A16 Bionic vs A15 Bionic

image search : Future

Bionic A16 juga dilengkapi mesin saraf 16-inti, seperti pendahulunya, yang dijanjikan Apple dapat menangani sekitar 17 triliun operasi per detik dan 4 triliun operasi per foto.

Ini pada dasarnya meningkatkan pembelajaran mesin dan kemampuan AI Bionic A16, dan di samping prosesor pencitraan yang ditingkatkan, terutama akan menguntungkan pengoptimalan otomatis foto dari sensor 48MP yang sangat besar.

The A16 Bionic - Apa yang Kami Tidak Ketahui

Terutama, kami belum tahu apa pun tentang RAM apa yang akan ditampilkan pada SoC Bionic A16. Tidak mengherankan, karena Apple selalu bungkam tentang hal ini saat diluncurkan.

Dikabarkan bahwa iPhone 14 Pro akan beralih ke RAM LPDDR5, peningkatan dari memori LPDDR4x yang digunakan model iPhone 13 saat ini. Itu belum dikonfirmasi atau ditolak. Namun terlepas dari itu, kami tidak pernah menemukan RAM menjadi masalah dengan iPhone.

iPhone 14 dan A15 Bionic

Sehingga membuat iPhone 14 dan iPhone 14 Plus puas dengan chipset tahun lalu. Tentu saja, ketika kami mengatakan bahwa kedua ponsel ini memiliki fitur A15 Bionic, itu tidak berarti bahwa chipset yang sama memberi performa pada iPhone 13 dan iPhone 13 mini.

A16 Bionic vs A15 Bionic

image search : apple

Sebaliknya, iPhone 14 dan iPhone 14 Plus akan menggunakan Bionic A15 yang digunakan iPhone 13 Pro..

Apple masih menyebut kedua chipset tersebut sebagai A15 Bionic, jadi Anda akan dengan mudah melewatkan perbedaannya jika Anda tidak memperhatikan spesifikasi teknisnya.

Namun, itu berarti bahwa iPhone 14 dan iPhone 14 Plus akan berkinerja lebih baik, setidaknya secara grafis, daripada iPhone 13 dan iPhone 13 Mini.

A16 Bionic vs. A15 Bionic

Jelas, model iPhone 14 Pro akan lebih cepat daripada handset iPhone 14 yang lebih murah, dan lebih cepat lagi dari kisaran iPhone 13.

Dalam hal ini, divergensi A16 Bionic vs. A15 Bionic akan menjadi masalah jika Anda mencari performa sebanyak yang Anda bisa dapatkan. Namun, itu mungkin tidak akan membuat banyak perbedaan seperti perubahan lain yang dilakukan Apple pada ponsel Pro-nya.

Selain peningkatan kamera 48MP, model Pro baru kehilangan kedudukan dari layar mereka, menggantikannya dengan  Dinamis Island, pada dasarnya kotak interaktif di sekitar kamera depan yang dapat berubah ukuran dan bentuk berdasarkan berbagai notifikasi, peringatan, dan aktivitas.

Seperti model iPhone 13 Pro sebelumnya, mereka juga mendapatkan kecepatan refresh yang ditingkatkan hingga 120Hz yang, pada kenyataannya, merupakan nilai jual yang sangat besar dan bisa dibilang lebih berpengaruh bagi banyak pelanggan potensial daripada kekuatan pemrosesan.

Setelah menggunakan kecepatan refresh cepat pada iPhone 13 Pro Max saya, saya tidak dapat kembali ke layar yang jauh lebih lambat.

Perbedaan nyata tersebut kemungkinan akan jauh lebih signifikan dalam penggunaan sehari-hari daripada peningkatan kinerja yang ditawarkan A16, meskipun memiliki keuletan pemrosesan ekstra pasti akan menjadi keunggulan iPhone 14 Pro bagi siapa saja yang memiliki uang lebih.




 

 

Top Gadget
Xiaomi Mix Fold 3
Xiaomi Mix Fold 3
Oppo Find X5 Pro
Oppo Find X5 Pro
Apple iPhone 14 Pro Max
Apple iPhone 14 Pro Max
Vivo X90 Pro+
Vivo X90 Pro+
Samsung Galaxy S23+
Samsung Galaxy S23+
Baca Artikel Terbaru
Baca Rekomendasi Artikel Lainnya